Proses User Centered Design ( UCD )
Pengertian UCD (User Centered Design)
UCD (User Centered Design) merupakan
paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan
berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD)
adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi
perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan
sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari
pengalaman pengguna.
Prinsip yang
harus diperhatikan dalam UCD adalah :
1. Fokus pada pengguna
Perancangn harus berhubungan langsung dengan pengguna
sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, Survey, dan partisipasi
dalam workshop perancangan. Tujuannya adalah untuk memahami kognisi, karakter,
dan sikap pengguna serta karakteristik anthropometric. Aktivitas
utamanya mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya ke dalam
informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan
teknis, dan organisasi.
2. Perancangan terintergrasi
Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem
bantuan, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi.
3.
Dari awal berlanjut pada penggujian
pengguna
Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan sistem yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan sistem yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
4.
Perancangan interaktif
Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan,
dirancang, dan ditest berulang kali. Berdasarkan hasil test kelakuan dari
fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumementasi pengguna, dan pendekatan
pelatihannya.
UCD adalah
tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan. Pengguna
adalah orang yang akan menggunakan sistem. Pengguna langsung biasa disebut
pengguna akhir ( end user ) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan
pekerjaannya. Pengguna tidak langsung adalah pengguna yang menggunakan sistem
untuk penggunaan yang lain seperti system administrators, installers,
dan demonstrators.
Aturan dalam UCD
Karat telah
mendefinisikan hak pengguna untuk mentransformasi budaya yang terdapat dalam
perancangan, pengembangan, dan pembuatan sistem teknologi informasi, dan untuk
memastikan bahwa produk hasilnya akan tepat seperti harapan pelanggan.
Aturan dalam
UCD (User Centered Design) yaitu :
1. Perspektif
Pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam
penggunakan sistem, maka masalah ada pada sistem dan bukan pengguna.
2. Installasi
Pengguna mempunyai hak untuk dapat menginstall atau
mengun-install perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa
ada konsekuensi negatif.
3. Pemenuhan
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan.
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan.
4. Instruksi
Pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan instruksi secara mudah ( buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan ), untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah.
Pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan instruksi secara mudah ( buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan ), untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah.
5. Kontrol
Pengguna mempunya hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi dengan benar atas permintaan yang diberikan.
Pengguna mempunya hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi dengan benar atas permintaan yang diberikan.
6. Umpan Balik
Pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai.
Pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai.
7. Keterkaitan
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.
8. Batasan
Pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem.
Pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem.
9. Assistance
Pengguna mempunyai hak untuk dapat berkomunikasi dengan penyedian teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan.
Pengguna mempunyai hak untuk dapat berkomunikasi dengan penyedian teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan.
10. Usability
Pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras, dan bukan sebaliknya. Sistem harus dapat dugunakan secara alami dan ituitif.
Pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras, dan bukan sebaliknya. Sistem harus dapat dugunakan secara alami dan ituitif.
Proses UCD (User Centered Design)
Proses UCD (User Centered Design) |
Keterangan gambar :
1.
Memahami dan menentukan konteks pengguna, terdiri dari
:
·
Karakteristik pengguna yang diharapkan.
·
Pekerjaan yang dilakukan pengguna.
·
Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global.
·
Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori
pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam
scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
·
Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah
operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi.
·
Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem.
·
Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan
optimal dengan memperhatikan.
2.
Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi
Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal :
Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal :
·
Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation.
·
Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas diantara kategori
penguna yang berbeda ).
·
Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke
pengguna.
·
Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga
yang relevan.
·
Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
3.
Solusi perancangan yang dihasilkan
Dengan memgunakan pengetahuan yang ada untuk
mengembangkan suatu proposal solusi perancangan. Terdiri
dari :
·
Membuat solusi perancangan lebih konkrit (dengan simulasi, prototipe, dll).
·
Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas
spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluatur.
·
Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan.
·
Mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.
4.
Evaluasi Perancangan terhadap kebutuhan pengguna, terdiri dari :
·
Formative: menyediakan umpanbalik yang
dapat digunakan untuk memperbaiki rancangan.
·
Summative: melakukan penilaian apakah
tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai
Sumber :
Komentar
Posting Komentar